Thursday, February 12, 2015

Tips Sukses Ujian Nasional 2015

Hal-hal yang penting dalam sukses menghadapai Ujian Nasional (UN) adalah belajar dan fokus dalam menyimak dan memperhatikan soal-soal ujian nasional yang telah disiapkan oleh guru di sekolah kalian. Dan jangan lupa mengecek kembali soal ujian nasional kalian agar tidak terjadi kesalahan dalam mengisi dan menjawab pertanyaan yang ada di Ujian Nasional 2015 kalian. Serta juga jangan lupa untuk berdoa sebelum mengerjakan soal-soal UN kalian agar diberikan kemudahan dalam mengerjakannya.



Ini beberapa tips UNnya =

 1. Kurangi waktu bermain
     Terkadang hal ini juga sangat sulit dilakukan. Padahal waktu ujian sudah semakin dekat, aktifitas bermain bukannya dikurangi tapi malah ditambah. Kalau yang model begini memang jangan sampai ditiru. Tidak sedikit orang tua yang sampai dibuat pusing karena hal ini. Padahal sudah merasa berulangkali memberikan peringatan kepada anak-anaknya untuk mengurangi bermain dan perbanyak belajar karena ujian segera datang tetapi tidak pernah digubris oleh sang anak. Hal ini perlu kalian sadari dan perhatikan. Munculkan kesadaran dalam diri anda bahwa apalah arti bermain-main bila dibandingkan penyesalan jika nanti nilai hasil ujiannya jeblok bahkan 'Tidak Lulus'. Toh sehabis ujian selesai bermain masih bisa dilakukan, kapanpun masih tetap bisa bermain. Tetapi kalau ujian, hanya diselenggarakan sekali dan pada waktu yang sudah ditentukan. Sadari hal ini ya teman-teman.

2. Perbanyak Belajar
Sudah pasti kalau hal yang satu ini bukanlah rahasia umum lagi. Metode belajarnya perlu ditata dengan baik. Mungkin kalian pernah mendengar istilah rajin belajar pangkal pandai, iya sepertinya istilah ini sangat tepat sekali. Mulai sekarang ditingkatkan belajar anda. Kalau dulunya malas-malasan segera dirubah menjadi rajin belajar agar anda bisa sukses dalam menghadapi ujian nasional 2015. Kalau bisa coba kalian buat rangkuman disetiap pelajarannya.

3. Perbanyak Hafalan
Mungkin ada yang sangat kesulitan ketika harus berhadapan dengan urusan hafal-menghafal. Iya, itu dapat dimaklumi, karena memang kelebihan dan kelemahan orang itu memang berbeda-beda. Tidak bisa disalahkan juga. Karena menghafal banyak soal akan membuat kita rada pusing juga , tapi itulah tips sukses untuk ujian nasional buat kalian.

4. Kalian harus FOKUS
Usahakan untuk bisa fokus dalam menghadapi Ujian Nasional (UN). Jangan menyepelekan. Siapa yang serius dan bersungguh-sungguh, dia pasti akan menuaikan hasil yang bagus dalam UN nanti.

5. Ikut les tambahan
Biasanya banyak sekali para orang tua yang memiliki kesadaran diri yang tinggi dengan didukung kemampuan finansial yang menunjang banyak yang memasukkan atau mengikutsertakan anak mereka di lembaga-lembaga yang menyediakan fasilitas les tambahan. Bahkan ada juga yang les privat di rumah. Nah, dengan mengikuti les ini, akan ada tips dan trik tertentu yang sangat membantu para siswa dalam menghadapi Ujian Nasional nantinya.

6. Hindari pekerjaan yang berat
Pekerjaan yang memungkinkan menggangu konsentrasi kalian saat menjelang ujian sangat berpengaruh dalam konsentrasi pola pikir kalian karena secara langsung otak menyerap dua tenaga yang berlawanan antara memori dan beban.

7. Berdoa dan memohon agar pikiran kalian tenang dan terang
Satu hal yang biasa kita lakukan sebelum melakukan aktivitas apaun yakni berdoa. Berdoa atau memohon kepada Tuhan adalah hal yang sangat positif yang dapat menambah rasa percaya diri. Jadi, jangan lupa kalian berdoa sebelum dan sesudah mengerjakan soal ujian.Tapi ingat! jangan hanya berdoa saja, tetapi juga harus belajar dan berusaha.

8. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup bermaksud agar memori yang telah kita pelajari dapat tetap terus tersimpan. Usahakan tidur 8 jam /hari.

Sumber =  http://a-az.blogspot.com


No comments:

Post a Comment